Tuesday 17 May 2016

ADAPTATION

Adaptation...apa sih itu adaptasi??? adaptasi menurut aku itu sama halnya memposisikan/menyesuaikan diri di sebuah lingkungan dan semua itu tidaklah mudah, akan ada hal-hal menarik didalamnya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Well, ketika kita dihadapkan pada sebuah lingkungan yang orangnya kurang begitu nyaman maka apa yang kita lakukan? bahkan didalm lingkungan itu seperti ada monster-monster yg menurut aku itu akan mematikan, dia akan menerkam kita jikalau kita kurang berhati-hati dalam berbicara. Yess!!! dan kali ini saya bener-bener mengalami akan hal ini, 1-2 bulan aku bertahan dalam keadaan seperti ini, hati tertekan itu pasti. Makan barengpun seprti halnya kita makan daun pepaya rebusan tanpa apa-apa paiiit bangettt dehhh.... sumpah enek banget aku. Namun ini bisa menjadi sebuah pembelajaran ketika kita menghadapi masalah diberbagai tempat dan situasi. Sooo.... kita memang harus kondisional dalam menghadapi lingkungan baru.

Baru kali ini saya dihadapkan pada situasi seperti ini, yang menurut saya susah banget deh untuk adaptasi, padahal byasanya saya tuh dapat beradaptasi dengan cepat dalam hitungan hari /pun ketika jumpa pertama. Namun beda halnya disini yang notabennya rata-rata malah pernah satu kampus, dan satu daerah, mereka seperti kurang welcome dan meninggikan kegengsiannya.

Bulan pertama oke saya hanya kalem agak diem, namun saya mengamati sifat mereka satu-persatu itupun butuh waktu sekiranya 1bln, susah banget buat mengajak mereka bergaul. Bahkan niyaaaa..... kalo disapa ndak tersenyum ataupun membalas sapaan saya, dingin... apakah bagi anak baru memang dibikin sedemikian rupa atau ndak, sepertinya dr beberapa teman saya yang bercerita memang disini itu sudah sperti itu adatnya, mungkin untuk mengetes apakah anak ini bisa beradaptasi dengan baik dan betah ataukah tidak. Well menginjak bulan ke-2 akhirnya saya mengerti sifat mereka, satu persatu saya dekati dg cara yang berbeda. Done.....akhirnya aku lumayan bisa beradaptasi namun masih terasa dingin.. agak susah memang karena disini orangnya banyak dan berbeda ruangan. Setidaknya saya mempunyai beberapa teman disini walaupun tak sekonyol dari teman-teman dilingkungan lain :D

No comments:

Post a Comment